Langsung ke konten utama

Universitas di Korea


      Universitas Di Indonesia yang belakangan ini demam dengan boy atau girl band dan drama-drama asal Korea. Negara republik yang memiliki julukan negeri ginseng ini juga ternyata memiliki universitas-universitas terbaik di Korea. Korsel atau Korea Selatan mengalami perkembangan yang sangat cepat di dunia.

     Bayangkan saja kecepatan koneksi internetnya mencapai 100 MB per detik! Kenceng bangetkan. Di Korea inilah lahir merek-merek raksasa seperti Samsung dan LG. Kembali lagi ke topik tentang pendidikan. Selain menjadi tempat destinasi liburan atau berwisata, Korea Selatan memiliki banyak peminat dari para anak muda Indonesia yang ingin melanjutkan kuliahnya di sana.

     Walaupun banyak juga universitas di Asia Tenggara yang menjadi primadona untuk melanjutkan kuliah, Korea akhir-akhir ini peminat para mahasiswa Indonesia untuk kuliah di sana semakin bertambah.

Kenapa Harus Kuliah Di Korea Selatan?

1. Seoul National University

Seoul National University merupakan universitas terbaik di Korea berdasarkan QS ranking. Seoul National University menempati peringkat ke-10 sebagai universitas terbaik di Asia dan menempati peringkat ke-35 sebagai universitas terbaik di dunia.
Sesuai namanya, Seoul National University terletak di Seoul, ibukota Korea Selatan. Universitas ini didirikan pada tahun 1946 yang artinya telah berusia 70 tahun. Tidak cuma itu, universitas ini juga merupakan universitas negeri pertama di Korea Selatan dan dikenal sebagai salah satu universitas yang paling bergengsi dan menyediakan studi penelitian kepada hampir 30,000 pelajar dari jenjang S1 hingga S3, dan 2,200 diantaranya adalah pelajar internasional.
Seoul National University memiliki dua kampus di kota Seoul, yang satu berada di Gwanak dan yang lainnya berada do Jongno. Universitas ini juga menjalin kerjasama dengan 273 universitas di 56 negara di seluruh dunia, dan sangat aktif melaporkan hasil riset mereka.
Fakultas yang tersedia di Seoul National University adalah engineering and technologynatural sciencessocial science and managementart and humanitieslife sciences and medicines. Cari tau lebih banyak tentang Seoul National University di sini

2. Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST)

KAIST atau Korea Advanced Institute of Science and Technology merupakan salah satu universitas negeri yang berlokasi di Daejeon, Korea Selatan, dan merupakan universitas terbaik kedua di Korea Selatan berdasarkan QS ranking.
Universitas yang didirikan pada tahun 1971 dan berusia 45 tahun ini sangat terkenal dengan hasil risetnya. KAIST menjadi institusi riset pertama di bidang science and engineering di Korea Selatan. KAIST memiliki 9.800 pelajar dengan 550 diantaranya adalah pelajar internasional dan menempati peringkat ke-3 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016 setelah NTU dan HKUST.
Selain itu, KAIST menempati peringkat ke-46 sebagai universitas terbaik di dunia, peringkat ke-6 universitas terbaik di Asia, dan punya 15 bidang studi yang menempati peringkat top 100 di dunia. Mayoritas bidang studi di KAIST adalah sciencetechnologyengineering, dan mathematics. Beberapa bidang studi unggulan diantaranya adalah materials scienceschemical engineeringelectrical engineeringchemistrymechanical engineeringcivil and structural engineering, dan computer science.
Cari tahu lebih banyak tentang KAIST di sini.

3. Pohang University of Science & Technology (POSTECH)

universitas-terbaik-di-korea-selatan-4
Pohang University of Science & Technology (POSTECH) merupakan universitas swasta di Korea Selatan yang menawarkan studi sains dan teknologi. POSTECH menempati peringkat ke-12 sebagai universitas terbaik di Asia dan menempati peringkat ke-83 sebagai universitas terbaik di dunia.
Universitas yang berdiri pada tahun 1986 ini juga menempati peringkat ke-5 dalam QS Top 50 Under 50 dan juga menjadi universitas Korea Selatan yang pertama dinobatkan sebagai kampus bilingual bahasa Korea-Inggris pada tahun 2010. Ini membuktikan, di usianya yang masih 30 tahun, POSTECH sudah berkembang pesat dalam menyediakan layanan pendidikan kelas dunia dan dikenal sebagai universitas yang memiliki intensitas penelitian yang sangat tinggi.
Sesuai namanya, POSTECH terletak di Pohang, Korea Selatan. Universitas ini juga dikenal memiliki fasilitas lengkap, mulai dari akomodasi pelajar, kafe, hingga perpustakaan digital, sarana olahraga, taman, sculpture park dan log cabin. POSTECH memiliki 3.000 pelajar dan 117 diantaranya adalah pelajar internasional. POSTECH memiliki fakultas Engineering and Technology, Natural Science, serta Life Science and Medicine.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pohang University of Science & Technology (POSTECH) di sini.

4. Korea University

Korea University adalah salah satu universitas negeri di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan. Korea University merupakan universitas swasta yang termasuk dalam golongan “SKY” selain Seoul National University dan Yonsei University.
Universitas yang didirikan pada tahun 1905 di Seoul ini mendapat 5 QS Stars. Tidak cuma itu, Korea University menempati peringkat ke16 sebagai universitas terbaik di Asia dan juga menempati peringkat ke-98 sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas ini memiliki 25.900 pelajar dan 3.300 diantaranya merupakan pelajar internasional.
Bidang studi yang paling bergengsi dan memiliki reputasi yang sangat baik adalah di bidang law atau hukum. Bidang studi unggulan lainnya mencakup bidang social policy and administrationmodern languages, dan communication and media studies. Fakultas yang tersedia di Korea University adalah Social Science and Management, Engineering and Technology, Art and Humanities, Natural Science, dan Life Science and Medicines.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Korea University di sini.

5. Sungkyunkwan University (SKKU)

Sungkyunkwan University merupakan universitas swasta yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Universitas ini berdiri pada tahun 1398 dan sudah berusia 618 tahun. Sebagai salah satu universitas yang paling signifikan di Korea, Sungkyunkwan University berperan penting dalam pengembangan alfabet Korea hingga pengajaran aliran Confucianism dalam filosofi masyarakat Korea modern.
Sungkyunkwan University memiliki dua kampus: Fakultas Humanities and Social Sciences terletak di kampus pusat Seoul, sedangkan fakultas Natural Sciences terletak di kampus Suwon. Sungkyunkwan University menempati peringkat ke-19 sebagai universitas terbaik di Asia dan menempati peringkat ke-106 sebagai universitas terbaik di dunia.
Bidang studi yang terkenal dan memiliki reputasi yang sangat baik di Sungkyunkwan University adalah bidang studi medis yang bekerjasama dengan Samsung Medical Center. Selain itu, ada 27 bidang studi yang termasuk sebagai bidang studi terbaik di dunia, diantaranya adalah modern languages dan social policy and administration.
Sungkyunkwan University memiliki 23.900 pelajar dan 2.300 diantaranya adalah pelajar internasional. Fakultas yang tersedia di Sungkyunkwan University adalah Engineering and TechnologyArts and HumanitiesSocial Sciences and ManagementNatural ScienceLife Sciences and Medicine.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Sungkyunkwan University (SKKU) di sini.

6. Yonsei University

Yonsei University merupakan universitas swasta yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Yonsei University berdiri pada tahun 1885 dan menjadi salah satu universitas tertua di Korea. Selain itu Yonsei University juga termasuk dari salah satu SKY University selain Seoul National University dan Korea University.
Yonsei University sudah menghasilkan lebih 6.000 lulusan S3 dan 26.000 lulusan S2 di bidang humanitiessocial sciencesnatural sciencesmedical sciences, dan bidang akademik lainnya yang berkualitas dan menjadi peneliti yang berkompeten. Yonsei University memiliki 27.700 pelajar dan 3.200 diantaranya merupakan pelajar internasional.
Yonsei University menempati peringkat ke-112 sebagai universitas terbaik di dunia dan menempati peringkat ke-18 sebagai universitas terbaik di Asia. Beberapa bidang studi unggulan Yonsei University adalah social policy and administration dan modern languages. Fakultas yang tersedia di Yonsei University antara lain engineering and technologyarts and humanitiessocial sciences and managementnatural science, dan life sciences and medicine.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Yonsei University di sini.

7. Hanyang University

Hanyang University merupakan universitas swasta yang didirikan pada tahun 1939 dan terletak di Seoul, Korea Selatan dan universitas swasta pertama yang berkembang dari department engineering/teknik. Hanyang University memiliki dua kampus, satu di Seoul dan satunya lagi di Ansan. Universitas ini terkenal dengan pelajar yang berkualitas dan berprestasi juga berkontribusi pada negara Korea Selatan di bidang industri.
Hanyang University menempati peringkat ke-30 sebagai universitas terbaik di Asia dan menempati peringkat ke-171 sebagai universitas tebaik di dunia. Universitas ini memiliki 23.500 pelajar dan 3.300 diantaranya merupakan pelajar internasional. Selain itu, Hanyang University merupakan universitas pertama di Korea Selatan yang mendirikan jurusan arsitektur dan teknik sipil.
Hanyang University memiliki reputasi sebagai universitas riset yang memiliki intensitas penelitian yang sangat tinggidan juga memiliki 647 universitas partner di 68 negara. Fakultas yang tersedia di Hanyang University adalah Engineering and Technology, Arts and Humanities, Social Sciences and Management, Natural Science, Life Sciences and Medicine.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Hanyang University di sini.

sumber:

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Universitas di Jerman

1. Technische Universität München kuriositas.com Kampus ini pada 2015 menduduki peringkat ke-60 di dunia. TU München adalah universitas riset yang memiliki beragam jurusan bidang teknik, ilmu alam, ilmu kedokteran, dan ekonomi. 2. Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg uni-heidelberg.de Universitas ini menempati ranking ke-66 di dunia. Berlokasi di Kota Heidelberg, Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg adalah universitas tertua di Jerman. Meski tidak lagi peringkat pertama di Jerman, namun kampus ini tetap menjadi yang paling favorit di sana. Lulusannya juga amat disegani. 3. Ludwig-Maximilians-Universität München Universitas ini tercatat sebagai kampus terbaik ke-75 di dunia. Kampus riset, begitulah orang-orang menyebutnya, secara konsisten dianggap sebagai salah satu yang paling bergengsi di Eropa. Ia dan TU München untuk membuat Kota Munich menjadi kota pendidikan terkemuka di dunia. 4. Kit, Karlsruher Institut Für Technologie intl.kit.edu

Universitas di Kanada

1. University of Toronto dailyhive.com University of Toronto merupakan salah satu universitas terbaik dan tertua di Kanada yang telah didirikan pada tahun 1827 dengan nama sebelumnya King's College. Namun pada tahun 1849 hingga saat ini, kampus yang terletak di Kota Toronto ini berganti nama menjadi University of Toronto. Universitas Negeri ini menjadi kampus terbaik di Kanada, dengan menduduki posisi 28 dunia berdasarkan peringkat QS World Ranking. Program unggulan dari kampus ini adalah Antropologi, Kedokteran, Teknik, Ekonomi, Sejarah dan lainnya. 2. The University of British Columbia The University of British Columbia adalah kampus yang terletak di Negara Bagian paling barat yakni, British Columbia dan memiliki kampus yang berada di Vancouver dan Okanagan. Universitas ini menjadi salah satu yang terbaik di Kanada dan terdapat beberapa lulusan kampus ini yang sudah terkenal seperti Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau dan lainnya. Kampus yang berdiri pada tahu

Universitas di Malasyia

1 .  University of Malaya (UM) Berdasarkan QS Work Ranking University UM berada diperingkat 167 dengan score 56.9 di dunia dan peringkat 32 dengan score 80.4 di Asia. Kampus UM terletak di Lingkungan Budi, Kuala Lumpur. Visi dari kampus ini adalah memanjukan pengetahuan melalui perbaikan secara terus menerus untuk semua orang, khususnya mahasiswa UM. Fasilitas yang terkenal di kampus UM adalah Museum of Asian Art dan Botanical Garden.  2.  Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Kampus UKM terletak di Jalan Reko, Bangi, Selangor, Kuala Lumpur. UKM dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau yang membuat pemandangan di sekitar kampus sangat menyejukkan. Berdasarkan QS Work Ranking University UKM berada diperingkat 56 dengan score 65.4 di Asia. Kampus UKM memiliki 8 Fakultas, 1 sekolah, 16 Intitutes, Pusat Manajement Pascasarjana, Pusat Studi Umum, Pusat Pengembangan Mahasiswa dan pusat pelayanan-pelayanan lainnya. Khusus untuk perpustakaan di kampus UKM, stan